25 February 2008

Belajar ABAP: Susahkah?

Belajar ABAP: Susahkah?
Penulis: Joko Supriyanto
Banyak sekali pertanyaan dari para pemula khususnya tentang mempelajari bahasa pemrograman. Pertanyaan serupa juga sering kita dengar dari para senior programmer yang merasa sudah terlalu tua untuk mempelajari bahasa pemrograman yang baru.
Dalam artikel ini, saya akan mencoba mengupas bagaimana mempelajari bahasa pemrograman ABAP yang merupakan kependekan dari Advanced Business Application Programming yang terintegrasi dengan SAP R/3
Sebelum memulai mengupas masalah pemrograman ABAP, maka kita harus tahu terlebih dahulu apakah itu SAP R/3 sebagai pondasi dari seluruh aplikasi yang dijalankan diatasnya apakah itu Akuntansi, Logistik, Kepegawaian dan lain-lainnya.

Apa Yang Pekerja TI Inginkan?


Pekerja TI biasanya lebih optimis dibandingkan dengan pekerja pada bidang yang lainnnya. Banyak sekali kesempatan yang masih terbuka untuk pekerja TI dimana-mana. Jika mereka bagus, maka mereka akan mendapatkan banyak kesempatan yang mereka dapat pilih.

Pernahkan anda jumpai pekerja TI yang merasa kuatir akan kehilangan pekerjaannya? Berapa banyak pekerja selain TI mengeluh akan kecilnya gaji yang mereka terima?



Saya hanya akan mengupas sedikit mengenai system dasar dan bagaimana hubungannya dengan keseluruhan sistim R/3. Untuk itu maka penjelasan ini akan dibagi menjadi 3 bagian. Pertama, kita akan mengupas mengenai system dasar secara keseluruhan. Kedua, lebih memfokuskan pada aplikasi dan terakhir membahas process kerja yang merupakan salah satu komponen dari aplikasi

Sistim Dasar R/3

Perbedaan antara logical dan hardware atau software adalah tidak satupun dari komponen bisa dimasukan kedalam spesifik hardware atau software. Sistim R/3 terdiri dari beberapa komponen.

Kernel & Basis Services
Komponen ini yang mengatur semua proses dari semua aplikasi yang berjalan diatas R/3 baik itu hardware, system operasi maupun operasi yang dijalankan di database. Semua task dijalankan disini yang meliputi: Aplikasi yang sedang berjalan, administrasi pengguna dan proses, akses database, komunikasi dengan system yang lain baik itu SAP maupun yang bukan SAP dan komponen yang memonitor dan mengontrol R/3 selagi proses sedang berjalan.

ABAP Workbench
ABAP Workbench adalah komponen yang terintegrasi yang merupakan tempat dimana para programmer membangun aplikasi yang berjalan diatas R/3 dalam bahasa ABAP. DenPOST http://www.blogger.com/post-create.do HTTP/1.0gan ABAP Workbench, anda bisa membuat, merubah, melakukan uji-coba, mengorganisasi pengembangan aplikasi.

Komponen Presentasi
Komponen ini bertanggung jawab untuk interaksi antara sistim R/3 dengan pengguna, dan juga dengan komponen lainnya misalnya aplikasi pengolahan dokumen.

Saya tidak akan membahas system R/3 dipandang dari hardware dan software, akan tetapi akan lebih menjelaskan mengenai pandangan user terhadap R/3 ini yang nantinya akan berkaitan dengan belajar ABAP.

Sebagai pengguna, apa yang terlihat dari sistim R/3 adalah apa yang ditampilkan di layar monitor. Tampilan-tampilan tersebut dibangkitkan oleh presentation layer sedangkan form isian merupakan salah satu bagian dari system dasar R/3.

Untuk dapat masuk ke dalam system R/3, pengguna harus menggunakan aplikasi yang di install di komputernya yang biasa disebut SAP Logon. SAP Logon akan menghubungkan pengguna dengan system R/3 dan menjalankan SAPGui. SAPGui akan menjalankan halaman utama dari system R/3 setelah pengguna memasukan user id dan kata sandi. Didalam SAPGui, semua screen yang dibuka merepresentasikan sebuah sesi yang memungkinkan pengguna bekerja secara paralel dan idenpenden antara proses yang satu dengan yang lainnya.

Aplikasi Server

Semua program berjalan di aplikasi server. Komponen itu sangat penting didalam system R/3. Aplikasi server berkomunikasi dengan komponen lainnya antara lain presentasi, database dan juga system R/3 lainnya dengan menggunakan pesan/message server. Didalam aplikasi server ini ada beberapa komponen, diataranya Work Process (yang menjalankan program), Dispatcher (penghubung antara work process dengan pengguna), Gateway (interface untuk berkomunikasi dengan aplikasi server lainnya baik dalam system R/3 yang sama maupun system yang lain) dan Share Memory (mengatur penggunaan share memory). Saya tidak akan menjelaskan masing-masing komponen tersebut secara detail, saya hanya akan menjelaskan mengenai work process secara detail karena salah satu bagian dari work process adalah ABAP Processor.

Work Process

Work proses menjalankan masing-masing dialog step di aplikasi R/3.

Komponen dari Work Process terdiri dari 2 pengolah aplikasi dan satu interface untuk database.

Screen Processor

Di dalam R/3 pemrograman, ada perbedaan antara interaksi pengguna dengan logika pemrosesan. Kalau dilihat dari pemrograman, interaksi pengguna dikontrol dari layar monitor dan juga input baik itu dari keyboard ataupun dari peralatan input lainnya. Screen processor mengolah arus logika dari layar monitor melalui dispatcher, mengambil alih tanggung jawab untuk berkomunikasi dengan work process dan SAPGui, juga menyakinkan bahwa semua isi yang dikirimkan dari layar monitor ke logika process.

ABAP Processor

Logika pemrosesan dari program aplikasi ditulis dalam bahasa ABAP. ABAP processor menjalankan logika pemrosesan dan berkomunikasi dengan interface database. Screen processor memberikan informasi kepada ABAP processor mengenai bagian mana dari layar yang seharusnya dijalankan.

Database Inteface

Komponen ini memberikan pelayanan sebagai berikut:

- Memulai dan mengakiri hubungan antara work process dengan database
- Mengakses tabel di database
- Mengakses R/3 Obyek repository
- Mengakses Katalog informasi (Data Dictionary)
- Mengontrol transaksi
- Mengadministrasi tabel buffer

Jika kita kelompokan work process ini berdasarkan tipe-tipenya, maka work process ini bisa dibagi menjadi 5 tipe yang meliputi Dialog Work Process (yang mengatur permintaan dari pengguna yang aktif), Update Work Process (menjalankan permintaan update database), Background Work Process (memprocess program yang dapat dijalankan tanpa adanya interaksi dari pengguna), Enqueue Work Process (meng-administrasi table yang di kunci didalam share memory) dan Spool Work Process (mengirimkan data berurutan ke printer atau ke media yang lainnya untuk arsip)

Pengenalan Komponen dari Pemrograman Aplikasi

Setelah mengenal system dasar R/3, maka sekarang saatnya untuk mengenal komponen dari pemrograman aplikasi di dalam sistim R/3. Sebagaimana telah saya jelaskan sebelumnya bahsa aplikasi yang berjalan di R/3 hampir semuanya ditulis dengan ABAP. Masing-masing komponen dari program disimpan didalam database yang biasa disebut R/3 Repository. R/3 Repository ini yang melayani sebagai pusat penyimpanan dari semua obyek yang dikembangkan di sistim R/3.

Tentunya anda telah bertanya-tanya, kapan mulai mempelajari pemrograman ABAPnya?

Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya bahwa mempelajari bahasa pemrograman itu tidaklah susah, yang penting harus sudah mengerti konsep dari system yang akan kita kembangkan. Tanpa mengetahui konsep dari system yang akan kita kembangkan, maka belajar pemrograman menjadi sulit dan bahkan membuat putus asa di tengah jalan.

Untuk lebih jauh mempelajari pemrograman ABAP, Kita akan bahas lebih lanjut di Majalah Komputer & Teknologi edisi selanjutnya. Komentar dan saran bisa dikirimkan ke jsupriyanto@gmail.comAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

No comments: