27 February 2008

Pisang Lezat dan Sarat Manfaat

Pisang Lezat dan Sarat Manfaat

Buah ini serba guna. Tak cuma lezat dimakan dan diolah menjadi berbagai macam hidangan, buah ini juga berkhasiat untuk kesehatan.

Pisang adalah buah yang tersedia sepanjang tahun. Ia disebut buah yang sempurna. Pisang bisa dimakan mentah atau juga diolah sehingga menjadi hidangan yang lezat. Pisang juga punya sebutan lain: Musa acuminata.

Acuminata berarti berukuran panjang atau meruncing. Nama ini berasal dari Antonius Musa. Ia adalah ahli fisika yang bekerja pada kaisar Romawi Octavianus Augustus dan diserahi tugas mempromosikan penanaman buah dari Afrika ini pada tahun 63-14 SM.

Adalah pelaut Portugis yang membawa pisang ke Eropa dari Afrika Barat di awal abad ke-15. Nama aslinya adalah banema, yang menjadi banana dalam bahasa Inggris. Meski ditemukan di Afrika, benih asli pisang ternyata berasal dari Asia Timur dan Oseania.

Pisang jaman dahulu bukanlah pisang yang kita kenal hari ini, tapi berwarna merah dan hijau. Pisang berwarna kuning adalah hasil pembenihan pisang masak, yang ditemukan orang Jamaika tahun 1936, Jean Francois Poujot. Ia juga menemukan, pisang jenis ini lebih manis ketika belum matang, dan tidak perlu dimasak.

Pohon pisang memiliki banyak kegunaan. Daunnya bisa digunakan sebagai pembungkus, terutama di kawasan Amerika Latin, Karibia dan kebudayaan Asia. Bunganya juga. Tapi jika bunganya dimakan, buah pisang tidak akan tumbuh.
Secara botanis pisang diklasifikasikan sebagai berry. Ada lebih dari 400 varietas pisang. Asal tahu saja, pisang adalah buah-buahan yang paling banyak terjual di dunia, melampaui apel dan jeruk.

Penyembuh mabuk
Pisang sangat cocok untuk mengatasi sakit pusing atau mabuk, terutama yang disebabkan konsumsi alkohol. Pusing bisa terjadi karena dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) dan kekurangan potasium. Nah, pisang mengandung banyak potasium.

Pisang juga memiliki kandungan magnesium tinggi, yang dapat membuat tubuh menjadi rileks. Karena merasa rileks, maka dengan sendirinya rasa pusing pun menghilang. Kandungan lainnya adalah triptophan yang membuat kita lebih mudah mengantuk.

Jadi, jika Anda begadang dan tidak ingin merasa pusing ketika bangun tidur, makanlah pisang sebelum tidur. Dengan begitu, Anda bisa tidur nyenyak dan bangun dalam keadaan bugar. Perlu juga Anda tahu, pisang juga sarat vitamin C. Selain itu, pisang adalah antasid alamiah dan mencegah tPOST http://www.blogger.com/post-create.do HTTP/1.0imbulnya rasa panas dalam perut.

Pemilihan
Umumnya, petani memetik buah pisang yang tua namun masih berwarna hijau. Kemudian, pisang itu diperam selama beberapa waktu hingga warnanya berubah menjadi kuning atau kemerahan. Tak cuma berubah warna, pisang yang telah matang ini juga berubah tekstur, aroma, dan rasanya. Tekstur daging buahnya menjadi lebih lembut, aroma menjadi lebih harum, sementara rasanya jadi lebih manis.

Di dalam setiap buah pisang terdapat biji kecil yang memproduksi hormon pematang, campuran gas etil dan karbondioksida. Karena itu, ketika memilih pisang, pikirkanlah rentang waktu konsumsinya. Untuk pisang yang akan segera dikonsumsi, pilih yang sudah matang. Sebaliknya, pilih yang setengah matang untuk penggunaan jangka panjang.

Dari tampilannya, pilih pisang yang berwarna cerah, penuh, dan montok. Hindari pisang yang cacat. Warna kusam dan kehitaman menunjukkan pisang sudah terlalu matang atau kepanasan selama penyimpanan. Lalu, bagaimana tanda-tanda pisang yang sudah matang? Pisang yang sudah matang, warna kulitnya biasanya kuning mulus, dan tidak terdapat lapisan kulit yang masih berwarna hijau.

Selain warnanya, Anda juga bisa mengamati tingkat kekerasan kulitnya. Jika kulit pisang masih kaku dan keras sehingga Anda tidak bisa membukanya untuk mengupas pisang, berarti ia belum cukup matang. Pisang yang belum matang juga bisa tampak dari daging buahnya.

Kalau daging buahnya masih berwarna pucat dan terasa sepat di lidah, artinya pisang itu belum matang. Hati-hati lho dengan pisang mentah. Sebab, jika Anda memaksakan diri untuk menyantapnya tanpa memasaknya terlebih dahulu, jangan kaget kalau Anda mengalami gangguan pencernaan berupa konstipasi (sembelit). berbagai sumber/ira

No comments: