15 May 2009

Maintenace Planning # 1

Dalam merencanakan maintenance sebuah unit khususnya alat-alat berat dan alat pendukungnya ada beberapa hal yang harus dilakukan agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan perencanaan tersebut. Hal yang harus kita ketahui dan dipenuhi diantaranya:
1. Umur unit
Hampir semua unit baru sekarang yang digunakan di perusaahaan umumnya sudah memiliki penunjuk jam penggunaan atau Hour Meter. Masing-masing jenis unit akan memiliki interval service yang berbeda tergantung daripada petunjuk dari vendor atau dari engineering masing-masing perusahaan. Misalnya per 250 jam, 500 jam, 1000 jam, dst




2. Umur komponen
Umur komponen dalam hal ini ada tipe yang mempunyai interval/ frekuensi waktu penggantian dan ada yang berdasarkan kondisinya atau tidak memiliki batas waktu yang ditentukan. Misalnya sebuah unit CAT789 menggunakan engine sampai 20000 jam maka akan berbeda dengan penggantian Track dozer yang kadang tidak diberi interval waktu penggantian.
3. Ketersediaan Part/komponen
Pada waktu merencanakan perbaikan / maintenance sebuah unit maka sudah pasti membutuhkan part atau bahan. Misal dari oli, filter sampai pada komponen yang direncanakan diganti. Jadi jauh hari sebelum dilaksanakan service part/ komponen yang dibutuhkan hendaknya sudah disediakan.
4. Kerusakan umum/ operasional
Disamping perbaikan yang memang sudah terjadwal sudah pasti akan ada kerusakan-kerusakan pada unit selama pengoperasian baik yang bersifat minor atau major. Pada akhirnya bila ada suatu komponen yang telah dijadwalkan diganti pada interval waktu tertentu tetapi sudah rusak sebelum waktunya hal ini akan mengurangi produktivitas dari unit tersebut dan harus ada investigasi lebih lanjut mengenai kerusakan tersebut sehingga dapat di-reduce untuk waktu-waktu berikutnya dan pada unit lainnya.
5. Dokumentasi jenis kerusakan
Hal yang sudah pasti adalah semua jenis kerusakan pada sebuah unit baik yang bersumber dari laporan operator atau hasil inspeksi mekanik dapat direcord pada sebuah database khusus yang nantinya akan bisa diikutkan pada planning maintenance berikutnya termasuk untuk persiapan pengorderan part yang dibutuhkan.
6. Alat dan Personil
Diatas semua tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak dikung dengan peralatan (Tool) dan sumberdaya manusia yang kompeten baik dari segi kelayakan alat, kesehatan, safety dalam bekerja serta skill personel yang mamadai sehingga akan tercapai hasil optimal dalam pelaksanaannya.




No comments: