06 November 2008

Menulis Blog di Microsoft Word dengan Blogger for Word


Judul diatas adalah sesuatu hal yang sudah biasa dan mudah dilakukan. Namun sebenarnya Anda dapat menulis blog dengan menggunakan Microsoft Word ke dalam salah satu layanan blog gratis yaitu Blogger. Blogger adalah salah satu layanan blog secara gratis yang telah diambil alih oleh raksasa penyedia layanan search engine yaitu Google. Namun sebelum Anda dapat menggunakan feature ini maka Anda harus menambahkan aplikasi add on terlebih dahulu dengan Blogger for Word.

Biasanya kita menulis di blog langsung di fasilitas menu Blogger dimana kita terkoneksi ke internet dan setelah selesai kita bisa langsung publish tulisan kita. Namun cara lain juga dapat dilakukan dengan posting blog secara offline sehingga dapat menghemat biaya koneksi internet yaitu dengan menggunakan text editor atau aplikasi office. Setelah tulisan selesai kita copy paste ke blogger dan lalu kita publish.

Nah, disini kita akan mengoptimalkan aplikasi office Microsoft Word untuk menulis blog secara offline. Sebelumnya pastikan bahwa Anda sudah mendownload Blogger for Word yang dapat didownload disini. Jangan khawatir, aplikasi installernya cukup kecil sekitar 2 MB. Setelah Anda menginstal Blogger for Word maka toolbar Blogger akan muncul di Microsoft Word. Bila Anda ingin segera menulis blog maka lakukanlah secara offline dan bila sudah selesai kemudian nyalakan internet untuk mempublish postingan Anda.

Secara ringkas dapat dijelaskan disini langkah-langkahnya dalam menulis blog dengan Microsoft Word 2007 (mungkin sedikit berbeda untuk versi yang lama) sbb:

1. Pada menu sebelah atas klik [Add-Ins]. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Page Layout], dan lain-lain.
2. Klik [Blogger Settings], kemudian muncul kotak dan masukkan Username dan Password Anda untuk login ke Blogger. Setelah itu tekan [OK].
3. Silakan Anda menulis blog di dalam Word secara offline.
4. Bila Anda sudah selesai, silakan ke posisi online dan tekan [Publish]
5. Masukkan judul blog Anda dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu, lalu klik [Send]
6. Selesai...

No comments: