06 November 2008

Panduan Memilih Notebook

Panduan Memilih Notebook


Saat ini harga Notebook boleh dibilang relatif lebih murah dibanding tahun lalu. Oleh karena itu barang ini menjadi primadona di hampir semua kalangan baik mahasiswa, pengusaha, dosen, bahkan anak kecilpun sudah dikenalkan menggunakan notebook ini. Namun, sebelum Anda membeli notebook pastikan terlebih dahulu beberapa panduan di bawah ini:

1. Berat dan Ukuran Layar Notebook

Faktor berat notebook memegang peranan penting apabila Anda sering bepergian. Tidak semua notebook memiliki berat yang ringan meskipun dikatakan sebagai barang portable. Bila Anda sangat aktif mobile maka pemilihan notebook berbobot ringan sangatlah diperlukan. Berat yang ideal adalah di sekitar 1,6 – 2,2 kg dan lebih dari itu maka Anda siap-siap untuk memanggul beban notebook Anda sehingga bahu Anda harus wajib dipijit tiap hari. Nah, berat notebook akan berbanding lurus dengan ukuran layarnya. Notebook dengan berat dibawah 2,2 kg akan memiliki layar ukuran 12-13 inci dengan resolusi 1280x800 pixel. Namun notebook yang ringan tentu akan memliki harga yang lebih mahal karena adanya system pendinginan yang lebih kompleks.

2. Sistem Operasi (OS)

Saat ini sebagian besar produsen notebook telah menginstall OS dari Microsoft. Pastikan software yang Anda lihat di notebook adalah asli/original. OS Windows Vista yang lebih banyak diinstall saat ini mengingat Windows XP di pasaran yang sudah agak susah ditemui, namun Anda dapat memilih OS yang sesuai dengan kebutuhan.

3. CPU

Notebook dengan CPU Intel Core 2 Duo memiliki performa yang sangat baik. CPU ini memiliki tenaga pemrosesan yang besar dan menggunakan energi yang lebih sedikit. Panas yang dikeluarkan juga lebih sedikit jika dibandingkan generasi CPU Pentium sebelumnya.

4. RAM

Di pasaran saat ini sudah banyak spec notebook dengan RAM yang tinggi 1 GB karena standar Vista yang diinstall di notebook tsb. Sebenarnya bila notebook memakai OS Windows XP, besarnya RAM tsb sudah lebih dari cukup. Namun, RAM 1 GB untuk Vista masih sangat minim sekali sehingga diperlukan paling tidak RAM 2 GB agar Anda dapat melakukan beberapa aplikasi secara simultan, membuka aplikasi Office sambil berselancar di internet dan untuk mengecek email Anda. Disamping RAM 2 GB ini Anda butuhkan bila Anda adalah seorang gamer atau sering mengedit beberapa foto digital.

5. Port dan Video Card

Notebook yang harganya ekonomis akan memiliki sepasang port USB, tanpa port serial, parallel, atau DVI dan port VGA nya pun hanya satu port. Pastikan kebutuhan Anda sudah sesuai dengan banyaknya port tsb. Apabila budget Anda terbatas maka Anda akan mendapatkan notebook dengan performa grafis yang kurang bagus. Hal ini akan sangat terasa bila OS yang ada adalah Vista dimana dibutuhkan Video Card yang kuat untuk memaksimalkan features barunya seperti interface Aero, menu tembus pandang, serta Flip 3D nya. Pilih model notebook minimal RAM onboard 128 MB, namun Anda disarankan lebih ‘aman’nya upgrade ke RAM 256 MB

6. Wireless dan Bluetooth

Teknologi yang satu ini patut Anda cermati karena saat ini teknologi wireless sudah sangat umum dipakai selain dipasang di notebook seperti di Handphone, dsb. Biasanya standar notebook sudah terinstall kartu wireless (WIFI) 802.11g. Pastikan pula kebutuhan teknologi Bluetooth Anda sudah sesuai dengan kebutuhan Anda terpasang di notebook. Teknologi Bluetooth memungkinkan Anda dapat mensinkronisasikan email, kalender, kontak handpone ke notebook Anda dengan cara menggunakan teknologi wireless.

7. Touch Pad

Pastikan Touch Pad di notebook Anda nyaman. Hal ini penting meskipun kadang kita memakai mouse eksternal.

8. Baterai Notebook

Faktor ini sangat penting karena saat kita memakai notebook tiba-tiba baterai drop membuat kita kerepotan. Oleh karena itu pastikan bila Anda memiliki budget, belilah baterai cadangan untuk Anda yang sering bepergian atau melakukan presentasi penting dan membutuhkan waktu yang singkat.

No comments: