20 July 2007

Mencapai Impian

Mencapai Impian

Apakah Anda punya impian?
Apakah impian Anda?

Impian adalah suatu keinginan yang ingin dicapai dari setiap orang untuk mendapatan satu kepuasan dalam diri. Impian itu, bisa berupa materi ataupun non materi. Impian itu bisa didapatkan dalam jangka waktu singkat, tapi bisa juga memerlukan waktu yang panjang.

Waktu masih anak-anak, kita punya impian yang disebut dengan cita-cita. Cita-cita yang dinginkan dimasa kanak-kanak, adalah merupakan impian yang ingin dicapai bila telah melewati masa-masa tertentu atau usia, dan biasanya cita-cita ini dicanangkan untuk bisa dicapai bila sudah dewasa.

Bagi orang dewasa, impian merupakan satu pencapaian target yang ingin dihasilkan dalam masa yang lebih singkat. Targetnya bisa berupa pencapaian materi, usaha, personality dan sebagainya.

Impian adalah puncak gunung yang diciptakan dari impian kita. Setiap orang akan menciptakan impiannya yang sekaligus merupakan gunung yang akan didaki sampai kepuncaknya. Untuk mencapai puncak gunung tersebut, dibutuhkan pengetahuan, perjuangan dan kerja keras.

Diperlukan persiapan yang baik, jika ingin melakukan pendakian, dan persiapan ini bisa dalam bentuk persiapan pisik, maupun persiapan mental dan spritual. Orang tidak akan bisa mencapai impiannya, jika tidak dipersiapkan dengan persiapan yang baik

Dalam perjalanan untuk mencapai impian, ada waktu-waktu tertentu yang membuat kita capek, jenuh, bosan, yang terkadang menurunkan semangat kita untuk mencapai impian tersebut. Maka untuk menjaga stamina kita, maka diperlukan waktu istirahat sebelum meneruskan pendakian.

Dalam masa-masa istirahat ini, kita pergunakan untuk "me-mamahbiak-kan" perjalanan yang telah kita lalui, dan sekaligus merencanakan langkah-langkah berikutnya. Kita tidak boleh berlama-lama, karena itu akan menurunkan semangat kita dan bahkan bisa kita menjadi "lupa" akan impian kita.

Impian itu merupakan cita-cita yang diberi batas tenggat waktu untuk mencapainya. Maka targetkan waktu pencapaiannya. Makin singkat waktu yang dibutuhkan, makin cepat impian tersebut dicapai, dan itu semua tergantung dari perencanaan kita.

Untuk mencapai impian kita, diperlukan kerja keras dengan bayangan impian besar yang telah kita canangkan. Dengan kerja keras, akan dihasilkan pencapaian impian yang maksimal. Kalau kita mengusahakan impian dengan setengah hati, maka sulit bagi kita untuk mendapatkan impian tersebut.

Bagi sebagian orang yang tidak punya impian, tapi dengan usaha kerja kerasnya seperti orang yang punya impian yang besar, juga akan menghasilkan impian yang dia canangkan kemudian.

TiPOST http://www.blogger.com/post-create.do HTTP/1.0ga langkah yang dibutuhkan untuk mencapai impian besar kita:

1. Tetapkan dan tuliskan impian dengan jelas.
Buatlah daftar impian-impian kita. Bayangkan impian yang inginkan dalam bentuk yang jelas dan spesifik. Ini diperlukan untuk mempermudahkan kita untuk merealisasikan impian tersebut. Impian yang kabur dan tidak jelas akan mempersulit kita dalam menyusun tahapan pencapaiannya, dan bisa jadi impian tersebut tidak bisa dicapai karena tidak jelasnya impian.

2. Jadikan itu sebagai hal yang penting.
Kita tidak bisa menjadikan impian itu sebagia hal yang tidak prioritas, tapi jadikan itu sebagai hal yang penting dan prioritas utama yang harus diselesaikan. Kita tidak boleh bernegosiasi dengan impian, tapi paksakan agar bisa terwujud.

3. Tetapkan langkah-langkah untuk mencapai impian.
Disini perlu proses membayangkan langkah-langkah yang akan dilakukan. Buatlah langkah apa saja yang akan kita jalankan, tentukan jadwalnya dengan tahapan-tahapan kecil. Setiap tahapan, tentukan target waktu untuk menyelesaikannya.

4. Tentukan batas waktu untuk mencapai impian.Akhir dari semua tahapan di atas, adalah impian besar kita. Dengan batas waktu itu, kita bisa mengukur keberhasilan dalam mencapai impian besar kita.

Apakah Anda punya impian?
Berapa lama impian Anda bisa terwujud?

Wassalam,
Syamsul
http://www.wsyakinah.com/
http://wsyakinah.blogspot.com/

No comments: